NGINTIPS99

Cara BACKUP dan RESTORE Data WHATSAPP di Android dengan Benar

Backup/Cadangan merupakan salah satu tindakan yang penting dilakukan, terutama mereka yang hampir setiap hari melakukan kirim pesan kepada banyak orang melalui WhatsApp misalnya. Tujuannya adalah agar dapat mengembalikan chat yang hilang disebabkan mungkin karena hape di install ulang ataupun hilang, dan faktor yang tidak diinginkan lainnya.
Untungnya, WhatsApp sendiri telah menyediakan fitur backup yang terhubung dan disimpan pada cloud Google Drive. Mengingat lokasi backup aplikasi WhatsApp ini berada pada cloud Google Drive, setiap pengguna diharuskan mengingat email mana yang menjadi tempat backup pada akun WhatsApp-nya. Sebab, pengguna smartphone tidak jarang memiliki email yang berjumlah lebih dari satu.
Berikut ini merupakan langkah-langkah melakukan backup pada aplikasi WhatsApp!
  1. Klik 3 titik di pojok kanan atas - "Settings"

  2. Pilih "Chats" - "Chat Backup"
  3. Setelah itu akan muncul seperti ini sebelum mulai melakukan backup.

    • Back up to Google Drive
      • Never : tidak pernah melakukan backup
      • Only when i tap "Back up" : backup hanya ketika menekan tombol backup
      • Daily : backup secara otomatis setiap harinya
      • Weekly : backup secara otomatis setiap minggunya
      • Monthly : backup secara otomatis setiap bulannya. 
      • Saran : Jika kamu hanya menggunakan jaringan seluler (No-WiFi) lebih baik pilih "Daily", dikarenakan melakukan backup chats pada setiap harinya dan tentunya menggunakan kuota yang lebih sedikit, dibanding Weekly dan Monthly yang menggunakan kuota yang lebih besar karena dalam jangka waktu tersebut, jumlah pesan pastinya tidak sedikit yang menumpuk.
    • Google Account : Pilih akun google yang menjadi tempat tujuan backup
    • Back up over :
      • Wi-Fi : backup hanya dapat dilakukan di jaringan Wi-Fi saja
      • Wi-Fi or Cellular : backup dapat dilakukan ketika terhubung Wi-Fi atau jaringan seluler
    • Include videos : aktifkan jika ingin backup pada video, tentunya akan lebih banyak menggunakan kuota
  4. Jika sudah, klik  BACK UP , tunggu hingga proses backup-nya selesai. Jika memiliki list chat yang banyak serta video, maka akan menggunakan waktu lebih lama, tetapi yang lebih berpengaruh adalah jaringan internet kalian, apabila koneksinya bagus maka tidak akan perlu waktu yang lama.
Setelah melakukan backup, berikut ini cara restore/mengembalikan seluruh isi pesan WhatsApp yang kalian backup ke Google Drive tadi.
  1. Login dengan akun WhatsApp kalian, hingga masuk ke sesi verifikasi nomor handphone.
  2. Setelah itu akan masuk ke tampilan untuk melakukan restore, namun sebelumnya alamat e-mail yang menjadi tempat backup sudah login terlebih dahulu di hape kalian agar WhatsApp secara otomatis mendeteksi berkas backupnya
  3. Tunggu beberapa saat hingga proses restore selesai
  4. Jika sudah klik NEXT

Penutup

Sekian, artikel mengenai cara melakukan backup dan restore data pada aplikasi WhatsApp, apabila terjadi kegagalan dalam melakukan backup maupun restore, atau ingin bertanya mengenai hal lainnya, silahkan tanya melalui kolom komentar artikel ini ya, terima kasih.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara BACKUP dan RESTORE Data WHATSAPP di Android dengan Benar"