NGINTIPS99

MT Manager DIHAPUS dari Google PlayStore!

Gambar 1 - Thumbnail

Pada hari ini baru menyadari ada suatu hal yang aneh. Berawal dari iseng uninstall aplikasi MT Manager, lalu saat ingin mengunduh kembali, aplikasi yang dicari tidak dapat ditemukan. Mungkin saja terdapat akses yang dibatasi pada region Indonesia.

Namun, ketika mulai melakukan uji coba secara manual di mesin pencari google dengan kata kunci "MT Manager play.google" lalu menuju linknya (https://play.google.com/store/apps/details?id=bin.mt.plus&hl=en_AU), saya mendapati pesan "Item not found" atau "We're sorry, the requested URL was not found on this server.". Artinya, aplikasi ini benar-benar telah di hapus oleh pihak google.

Memang, sekarang ini terdapat aplikasi dengan nama, package dan tampilan (interface double window) yang hampir mirip dengan yang aslinya (dihapus oleh pihak Google), namun belum diketahui secara pasti apakah berasal dari pengembang aplikasi sebelumnya ataukah bukan.

Informasi


  • [SEBELUM][ORIGINAL]
    • Nama Aplikasi : MT Manager
    • Package : bin.mt.plus
    • Ikon :

Gambar 2 - Ikon aplikasi MT Manager (bin.mt.plus)
  • [SESUDAH][KW/TIRUAN]
    • Nama Aplikasi : MTManager -> without space
    • Package Name: bin.cfkqjt.mt
    • Ikon : 
Gambar 3 - Ikon MTManager (bin.cfkqjt.mt)
Belum diketahui secara pasti mengapa aplikasi tersebut dapat hilang dari Google Play, entah itu memang dihapus secara resmi oleh pihak Google ataukah developer bin.mt.plus yang memutuskan sendiri dengan sengaja menghapus aplikasi mereka dari store milik Google tersebut. 

Apabila benar secara resmi dihapus dari PlayStore pastinya terdapat alasan dibalik itu, mungkin/bisa jadi melanggar aturan yang sudah ditetapkan, adanya indikasi malware pada aplikasi, atau lainnya. 

Menurut pengalaman pribadi, aplikasi MT Manager belum/bahkan tidak pernah terjadi hal yang merugikan selama menggunakan aplikasi tersebut dalam aktivitas sehari-hari

Terlintas sejenak bahwa apabila aplikasi ini dihapus secara resmi oleh pihak Google, itu dikarenakan MT Manager dikenal sangat baik dalam mendukung aktivitas modifikasi atau biasa disebut dengan Reverse Engineering pada suatu aplikasi hanya dengan modal smartphone saja. 

Dimana biasanya, dalam melakukan Reverse Engineering perangkat yang dibutuhkan adalah PC dan setiap tools yang dibutuhkan pun terpisah, maksudnya tidak dibungkus dalam satu software seperti MT Manager. Salah satu fitur yang membuat saya kagum sekaligus curiga bahwa ini yang menjadi penyebab kandasnya dari PlayStore adalah Dex Editor

Fitur ini memungkinkan siapa saja untuk dapat mengubah susunan kode aslinya yang tertampil dalam file dengan bahasa smali. Hebatnya lagi, aplikasi ini juga didukung fitur untuk mengkonversi bahasa smali ke java agar menjadi readeable code (mudah dipahami), tetapi ini hanya tersedia bagi mereka yang mendaftar menjadi member VIP saja.


Kejadian ini mengingatkan saya dengan satu aplikasi file manager yang dikenal juga membantu kegiatan modifikasi, dan keberadaannya hilang dari PlayStore, yaitu ES File Explorer, tetapi belum diketahui juga alasan mengapa saat ini tidak tersedia lagi pada toko aplikasi android milik Google, PlayStore.

Penutup


Sekian, artikel mengenai informasi dan beberapa pandangan saya terhadap penyebab MT Manager menghilang dari Google PlayStore

Posting Komentar untuk "MT Manager DIHAPUS dari Google PlayStore!"