NGINTIPS99

Bikin Aplikasi Android di HAPE Android Tanpa Coding!

Pernah diantara kita merasa penasaran terhadap aplikasi yang kita gunakan pada perangkat mobile dan menimbulkan pertanyaan, "bagaimana sih ini dapat dibuat ?". Setelah mencari tau, ternyata memerlukan pemahaman yang mendalam mengenai bahasa pemrograman untuk membuatnya dan spesifikasi pc yang tinggi dalam pengkodeannya. 

Tentu, seketika berpikir bahwa ini pasti sulit dalam membuatnya, ditambah lagi saat melihat contoh kode untuk membuat sebuah program sederhana seperti teks "Hello World", butuh coding yang lumayan panjang. Selain itu, diperlukan logika yang kuat untuk membuat sebuah program agar alurnya dapat berjalan secara terstruktur.

Seiring berjalannya waktu, di tahun 2016 muncul aplikasi bernama Sketchware untuk membuat aplikasi android melalui susunan blok yang disediakan. Maksudnya, kita tidak perlu melakukan pengkodean secara manual dan panjang, melainkan hanya melakukan drag & drop pada blok untuk membuat program.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membuat program sederhana untuk menampilkan pesan teks saat tombol button di klik.
Download Sketchware : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.besome.sketch
  1. Klik ikon + yang ada di pojok kanan bawah, isi nama aplikasi yang akan dibuat (contoh: FirstApp)
  2. Buat satu tombol (button) dengan cara tahan ikon button yang ada di menu sebelah kiri, lalu tarik ke arah layar smartphone yang tersedia.
  3. Klik button-nya dan akan muncul opsi dibawah. Pilih opsi text untuk mengubah tulisan pada button (contoh: Ubah menjadi ClickMe)
  4. Setelah itu pindah ke tab Event, klik onClick (info: ini berarti tombol akan melakukan aksi/tindakan saat tombol button di klik. Pada kasus ini, kita akan memunculkan sebuah pesan toast saat button di klik)
  5. Selanjutnya kita akan masuk pada penyusunan blok. Klik ikon yang ada di pojok kanan bawah - Component - Lalu tarik blok Toast ke atas pada blok yang bertuliskan When button1 clicked.
  6. Isi kotak kosong yang ada di blok Toast dengan "Hello World" atau terserah.
  7. Jika sudah, kembali ke menu utama dan klik Run

Penutup

Sekian, artikel mengenai cara membuat aplikasi android dengan mudah tanpa coding, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya dikolom komentar, terima kasih.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bikin Aplikasi Android di HAPE Android Tanpa Coding!"