NGINTIPS99

Cara Setting Default Application di GNU/Linux Solus

Pernah tidak, diantara kalian saat ingin membuka sebuah dokumen biasa seperti .txt dengan cara klik 2x lalu teks editor yang terbuka adalah Vim ?

Sudah dipastikan akan membutuhkan waktu yang lama walau hanya menambahkan beberapa huruf atau kalimat, sebab Vim memiliki cara kerja yang berbeda. Kita perlu menekan tombol i untuk masuk pada Insert Mode agar dapat mengetikkan sebuah kata. Oleh karena itu, teks editor seperti Vim kurang tepat apabila ditempatkan sebagai default teks editor, tetapi jika aktivitas keseharianmu adalah bermain dengan script bahasa pemrograman dan sudah mahir dalam menggunakan Vim, maka akan sangat tepat.

Dari pengalaman saya, default teks editornya berubah menjadi Vim saat setelah menginstall Vim. Padahal sebelumnya, default teks editor awalnya adalah Pluma. Sempat bingung bagaimana cara untuk mengubahnya di sistem operasi SolusOS, karena sebelumnya saya adalah pengguna GNU/Linux dari turunan Ubuntu.

Setelah beberapa saat, akhirnya untuk melakukan mengatur default teks editor dan berbagai aplikasi lainnya juga seperti default browser, image preview, video player, dan lainnya terdapat di Control Center.

Berikut ini merupakan Cara Setting Default Text Editor di GNU/Linux Solus.
1. Pergi ke Control Center
Gambar 1. Menu
2. Klik Set Preferred Application yang ada di posisi sebelah kiri paling bawah
Gambar 2. Tampilan Control Center
3. Masuk ke tab Media, pada bagian Text Editor silahkan pilih sesuai dengan keinginan
Gambar 3. Tampilan Preferred Application
Sekian artikel mengenai Cara Setting Default Application pada Distro Solus, jika masih belum berhasil, silahkan tanya di kolom komentar, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Default Application di GNU/Linux Solus"