NGINTIPS99

Cara Memunculkan Tombol Home, End, PGUP (PageUp), PGDN (PageDown), Panah Kanan Kiri di Termux Terbaru

Sejak terjadi pembaruan Termux, ada beberapa menu navigasi/tombol yang tiba-tiba hilang dari interface diantaranya HOME, END, PGUP (Page Up), PGDN (Page Down), Panah Kanan dan Kiri, dan hanya menyisakan ESC (Escape), TAB, CTRL, ALT, Panah atas dan bawah. Tentu sangat menyulitkan pengguna yang memerlukan tombol yang hilang tersebut, terlebih lagi saat ngoding. Contohnya, ingin melihat kode pada baris awal, sedangkan kita berada di baris 100 yang memerlukan tombol PGUP agar dapat berpindah ke baris awal dengan cepat, begitu pula sebaliknya dengan PGDN.

Banyak tutorial untuk memunculkan kembali tombol yang hilang tersebut, namun rata-rata dari mereka menggunakan script yang dituliskan dalam bahasa python. Pada tutorial ini, tidak akan menggunakan script, melainkan kita tambahkan secara manual agar lebih mudah dipahami. Berikut merupakan langkah-langkah cara memunculkan tombol HOME, END, PGUP, PGDN, Panah Kanan dan Kiri di termux terbaru.
  1. Install teks editor nano
    • pkg install nano (info: jika sudah ada maka tidak perlu di install)
  2. Pastikan kamu berada di lokasi utama, ketik:
    • cd $HOME
  3. Buat folder .termux
    • mkdir .termux && cd $_
      • Info: cd $_ merupakan kode agar langsung masuk ke direktori/folder yang baru dibuat tanpa mengetikkan secara manual cd .termux. Namun, jika ingin satu-per-satu juga tidak masalah seperti buat foldernya terlebih dahulu (enter) baru masuk ke direktori yang tadi dibuat
  4. Buat sebuah file dengan nama termux.properties
    • nano termux.properties
  5. Tambahkan kode berikut yang berfungsi untuk memunculkan kembali tombol navigasi yang hilang sebelumnya
    • extra-keys = [['ESC', '/', '-', 'HOME', 'UP', 'END', 'PGUP'],['TAB', 'CTRL', 'ALT', 'LEFT', 'DOWN', 'RIGHT', 'PGDN']]
    • Simpan, dengan CTRL + X
  6. Reload termux dengan mengetikkan kode:
    • termux-reload-settings
  7. Setelah itu akan muncul kembali semua tombol yang hilang tetapi dengan ukuran yang tidak beraturan. Solusinya, tutup aplikasi termux dengan mengetikkan CTRL + D lalu buka kembali aplikasinya.
Masih bingung dengan tutorial diatas ? Coba tonton versi videonya di YouTube ! 

Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Tombol Home, End, PGUP (PageUp), PGDN (PageDown), Panah Kanan Kiri di Termux Terbaru"