NGINTIPS99

SIMPEL! Cara Mengukur Tegangan Charger di Smartphone Kamu!

Sumber: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gombosdev.ampere&hl=in
Sering dari setiap pengguna merasa lambat ataupun cepat pada pengisian baterai di smartphone kesayangannya. Terdapat 2 faktor yang paling dekat mempengaruhi cepat lambatnya pengisian daya baterai,  yaitu adaptor dan kabel data.  Pada masing-masing vendor smartphone telah membekali charger dengan kualitas yang sangat baik.  Akan tetapi, beberapa hal yang tidak diinginkan mungkin terjadi pada charger original kita, sehingga memaksa untuk menggantinya dengan yang lain, baik dengan membeli charger merk lain kualitas original maupun kw/kwalitas (tiruan) atau mengkombinasikan adaptor merek A dengan kabel data yang biasa dijual outlet-outlet. 

Adapun hal yang tidak dinginkan dialami admin NginTIPS99 berdasarkan hal tersebut adalah pengisian daya baterai smartphone yang lebih lama, dan persentase baterai yang tidak bertambah saat menggunakan smartphone sambil mengecas atau bahkan cenderung berkurang. Kemungkinan penyebabnya tegangan yang diberikan adaptor yang baru tidak sebagus dengan adaptor yang asli, tetapi tidak semua adaptor seperti itu dan hanya terjadi pada beberapa saja. Sebenarnya, tidak mengapa apabila menggunakan adaptor yang baru asalkan tegangan yang diberikan oleh adaptor sesuai dengan smartphone kita.
  1. Download aplikasi Ampere
  2. Hubungkan charger hape kamu lalu buka aplikasinya
  3. Tunggu selama 10 detik untuk melihat hasil, setelah itu biarkan beberapa detik agar mendapatkan perhitungan yang stabil
Berikut ini perbandingan antara charger melalui laptop (atas, rata-rata 50 mA) dan melalui adaptor asli (bawah, rata-rata 860 mA hingga 920 mA) SAMSUNG J7 Pro, terlihat jelas dan jauh perbandingannya. 

Jika tegangan <= 400 mA pada saat melakukan pengisian daya baterai, disarankan untuk tidak sambil digunakan (dibiarkan hingga terisi sesuai kebutuhan), jika mendapatkan daya charger rata-rata 600 mA hingga diatasnya, artinya adaptor tersebut sesuai standarnya
Perbandingan charger melalui laptop dan adaptor asli
Keterangan:

  • 50 mA merupakan daya saat melakukan charger di laptop, sedangkan 860 mA merupakan daya saat melakukan charger langsung melalui adaptor

Catatan:
  • Dengan perbandingan yang sangat jauh berbeda antara 50 mA : 860 mA, sangat tidak disarankan charger melalui laptop karena memberikan tegangan yang tidak sesuai dengan aktivitas smartphone, boleh dilakukan apabila hanya mengecas saja (tidak digunakan, tapi lebih baik dihindari)
Sekian, artikel mengenai cara mengukur tegangan charger di hape android, jika tidak berhasil atau mengalami masalah, silahkan tanya di kolom komentar, terima kasih.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "SIMPEL! Cara Mengukur Tegangan Charger di Smartphone Kamu!"